Sebagai tindak lanjut implementasi Aplikasi Simbangda Based Evidence (SBE) yang telah direplikasi, Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Sijunjung melaksanakan Sosialisasi Simbangda Based Evidence (SBE) dilingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan pada tanggal 6 s.d. 7 Februari 2024 di Balairung Lansek Manih Kantor Bupati Sijunjung, yang dihadiri oleh 180 orang peserta yang berasal dari OPD-OPD dan Kecamatan dilingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Muhadiris pada saat penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan sosialisasi Aplikasi SBE Kabupaten Sijunjung adalah Penyamaan persepi Kepala OPD dan operator serta verifikator terhadap pentingnya penggunaan aplikasi SBE dalam pelaporan realisasi fisik dan keuangan untuk bahan evaluasi oleh Pimpinan. selain itu pada Tahun Anggaran 2024 Kabupaten sijunjung akan menggunakan Aplikasi SBE secara penuh.
Pada sesi penyampaian materi Pengelolaan Simbangda Based Evidence (SBE), sebagai Pengendalian Pembangunan Kepala Biro Administrasi Pembangunan Ria Wiajayanty, S.T. ,M.Si menjelaskan peran OPD dalam menjalankan SBE dalam hal ini PA/KPA, PPTK, OPERATOR dan Bagian Administrasi Pembangunan sebagai ADMIN, HELPDESK. selain itu harus adanya komitmen dari Kepala OPD dalam pengunaan Aplikasi SBE sebagai sarana penyampaian laporan realisasi fisik dan keuangan kepada pimpinan serta harus adanya dukungan sumber daya manusia yang piawai sehingga pengelolaan Aplikasi SBE Kabupaten Sijunjung dapat berjalan dengan baik.
Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah, S.Pt di sela kata sambutan dan sekaligus membuka langsung acara Sosialisasi SBE menyampaikan permasalahan di Kabupaten Sijunjung dalam penyusunan laporan realisasi fisik dan keuangan yang belum real time, dengan adanya Aplikasi SBE ini tentu memudahkan dalam penyampaian laporan realisasi fisik dan keuangan. Kondisi -kondisi yang dialami pada tahun 2023, agar menjadi evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan tahun 2024. Dengan sistem ini kita meyakini akan lebih baik, dan lebih mudah sehingga supaya Aplikasi SBE ini dapat memudahkan dalam pengawasan oleh kepala OPD terhadap pelaksanaan kegiatan di OPD karena sama-sama kita ketahui bahwa kelemahan kita ada pada dokumentasi dan pendataan yang kurang baik, walaupun kita telah bekerja dengan maksimal jika tidak disertai bukti dokumentasi maka pekerjaan kita tidak dapat dipertangungjawabkan.
Sosialisasi SBE Kabupaten Sijunjung ini juga sebagai pembelajaran bagi operator baru dan penyegaran bagi operator lama dikarenakan adanya mutasi dan rotasi staf di lingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung. Tim Teknis SBE Biro Administrasi Pembangunan (Kabag Pelaporan Pelaksanaan Pembangunan Ir. Sunyati, Pelaksana dan IT/Web Programmer) selama pelaksanaa Sosialisasi selalu melakukan pendampingan dari mulai pengenalan fitur-fitur, bagaimana cara entri data Program/Kegiatan/Sub kegiatan, pagu anggaran, penetapan target keuangan dan fisik sub kegiatan, penentuan paket pekerjaan, volume pelaksanaan dan tatacara input realisasi keuangan dan unggah data evidence.
Diharapkan pengelolaan Aplikasi SBE di Kabupaten Sijunjung dapat dilaksanakan dengan sukses dan menjadikan pengelolaan SBE Kabupaten sijunjung sebagai pilot project, sehingga hal ini dapat memacu Kabupaten/Kota yang telah mereplikasi untuk bersemangat dalam pengelolaan Aplikasi SBE tersebut, sehingga muara dari pelaksanaan replikasi ini yaitu terintegrasinya Aplikasi SBE Provinsi dengan Aplikasi SBE Kabupaten/Kota dapat terwujud. *PPP
Pengunjung Hari ini | : | 12 orang |
Total Pengunjung | : | 26828 orang |
Pengunjung Online | : | 3 orang |
© IT - Biro Administrasi Pembangunan Designed by HTML Codex Develop by Hamid Septian